Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Materi Dasar-Dasar Proyeksi Pada Mata Kuliah Teknik Komunikasi Arsitektur

Mohammad Musthofa Al Ansyorie, Arisandi -

Abstract


Abstrak—Tujuan pengembangan ini untuk mengetahui (1) bentuk media pembelajaran berbasis animasi untuk materi dasar-dasar proyeksi, (2) kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan. Model penelitianyang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan dengan langkah: (a) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (b) perencanaan media; (c) pengembangan produk awal; (d) validasi ahli; (e) analisa dan revisi hasil validasi;(f) uji coba kelompok besar;serta (g) analisis dan revisi produk akhir. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi dan lembar respon siswa dan kemudian dianalisa. Produk yang dihasilkan adalah media pembelajaran berupa file presentasi yang berbasis animasi dan dilengkapi dengan video animasi untuk materi dasar-dasar proyeksi. Hasil yang didapatkan dari validator adalah nilai rata-rata penilaian oleh ahli media sebesar 3,54 yang tergolong valid atau jika diprosentasekan sebesar 88,5%. Sedangkan untuk rata-rata penilaian dan prosentase penilaian oleh ahli materi adalah 3,38 dengan prosentase sebesar 84,6%.

Kata Kunci—Media pembelajaran, animasi, dan dasar-dasar proyeksi

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.