Pengaruh Export Market Orientation, Gejolak Lingkungan Dan Inovasi Terhadap Kinerja Ekspor (Studi pada Perusahaan Manufaktur Kategori Food and Beverages di Surabaya dan Sidoarjo yang Melakukan Ekspor)

Endang Karyawati

Abstract


Orientasi pasar merupakan implementasi dari konsep pemasaran yang menjadi salah satu kunci dalam mempertahankan eksistensi bisnis keberhasilan pemasaran di dalam negeri bukan merupakan jaminan bagi perusahaan akan berhasil di luar negeri
maka dari itu orientasi pasar ekspor (Export Market Orientation) atau disingkat EMO perlu dilakukan sebagai upaya meningkatkan kinerja ekspor itu sendiri. Selain itu inovasi mempunyai peran sebagai alat berkompetisi dalam situasi pasar yang memiliki kompetisi yang tinggi maupun lingkungan pemasaran yang terus berubah. Sehingga dalam pelaksanaan pemasaran ekspor ,factor lingkungan dalam hal ini gejolak lingkungan dapat
menjadi hambatan atau peluang. Karena itu implementasi EMO sejalan dengan tuntutan lingkungan sehingga respon perusahaan sebagai manifestasi dari adaptasi gejolak lingkungan dapat meningkatkan kinerja ekspor perusahaan.
Penelitian ini melalui metode survey pada 71 perusahaan manufaktur kategori food and beverages yang berlokasi di Surabaya dan Sidoarjo yang melakukan ekspor dengan
instrument pengumpul data adalah kuesioner, kemudian analisis data menggunakan PLS (partial least squaresi) untuk melihat pengaruh langsung maupun tidak langsung antar
variabel. Hasil penilitian ini menunjukan adanya pengaruh positif yang signifikasikan Export Market Orientation (EMO) terhadap inovasi sebasar 6.951 (t table=1.67) kemudian adanya
pengaruh positif dan sihnifikan EMO terhadap kinerja ekspor sebasar 2.150 (t table= 1,67) selanjutnya adanya pengaruh positif dan tidak signifikan gejolak lingkunan yang memoderasi antara EMO dengan kinerja ekspor sebesar 1.071 (t table= 1.67) lalu adanya pengaruh positif dan signifikan antara gejolak lingkungan terhadap kinerja ekspor sebesar 2.811 (t table=1.67) dan yang terakhir adalah adanya pengaruh positif dan signifikan inovasi terhadap kinerja ekspor sebesar 2.659 (t table=1,67). Penelitian ini membuktikan bahwa kinerja ekspor dipengaruhi oleh implementasi dari Export Market Orientation, kegiatan
inovasi maupun gejolak lingkungan yang dihadapi oleh perusahaan.
Kata Kunci—Export Market Orientation, gejolak lingkungan, inovasi, kinerja ekspor.

Full Text:

pdf

Refbacks

  • There are currently no refbacks.